Tutorial Instalasi Self-Hosted WordPress

0

Tutorial Instalasi Self-Hosted WordPress – Untuk para pemula di bidang pembuatan website seperti blog, forum, dan sebagainya pasti tidak asing lagi dengan sebuah Content Management System bernama WordPress. WordPress memang dikenal sebagai sebuah Content Management System yang sangat mudah untuk digunakan tanpa harus mempunyai pengalaman coding. Namun, banyak para pemula yang masih bingung ketika ingin menggunakan CMS ini. Ada beberapa hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam menggunakan CMS ini, yaitu mulai dari bagaimana cara install, memasang tema dan plugins, sampai cara membuat halaman dan postingan.

Nah, kali ini saya ingin membagikan bagaimana caranya untuk membuat website dengan menggunakan WordPress dengan mudah. Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, yakni:

  1. Domain
  2. Hosting

Untuk domain dan hosting, saya sendiri menggunakan layanan Cloud Hosting Dewaweb. Di Cloud Hosting Dewaweb menggunakan cPanel untuk mengelola hosting kamu. Mari kita mulai dengan tutorial instalasi wordpress self hosted.

Cara Installasi WordPress Melalui cPanel

Untuk login ke dalam cPanel, berikut url-nya: namadomain.com/cpanel atau saya sendiri menggunakan harrybudi.com/cpanel. Kamu juga bisa lihat cara login cPanel pada postingan saya yang lainnya

Jika sudah login scroll ke bawah dan cari menu Softaculous Apps Installer, kemudian cari icon WordPress dan klik pada icon WordPress tersebut.

Setelah Icon WordPress tersebut diklik, akan muncul halaman berikutnya dan klik Install.

Setelah muncul halaman selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada layar WordPress Installation. Pada bagian pertama ini, Software Setup kamu akan diminta untuk memilih protocol yang digunakan dan memilih domain yang ingin diinstall WordPress. Di sini saya menggunakan protocol https karena saya sudan melakukan instalasi SSL sebelumnya dan agar nantinya muncul tanda ‘secure’ pada¬† browser. Untuk domain yang ingin diinstall saya menggunakan test.harrybudi.com. Kalau kamu punya beberapa addon domain atau subdomain pada hosting kamu, kamu bisa pilih domain atau subdomain yang kamu inginkan untuk diinstall WordPress.

Pada kolom selanjutnya, kamu dapat merubah Site Settings kamu. Ini yang nanti akan muncul pada title bar pada browser kamu. Silahkan dirubah sesuai dengan keinginan kamu ya.

Selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan data admin kamu. Masukkan username dan password untuk kamu dapat gunakan untuk login ke dashboard WordPress kamu kedepannya. Kamu juga bisa mengatur bahasa yang ingin kamu gunakan.

Note:

Jika kamu sudah melengkapi data di atas, kamu bisa lanjut ke baris berikutnya untuk mengedit Advanced Options. Bagian ini memang dapat dikatakan agak teknis, jadi saran dari saya lebih baik dilewati saja.

Selanjutnya merupakan langkah terakhir, kamu bisa memilih tema untuk WordPress kamu dan jika sudah kamu dapat klik Install untuk dapat memasang WordPress pada hosting kamu dan voila! WordPress sudah terinstall pada hosting kamu dan kamu bisa mulai membuat website atau blogging!

Happy blogging!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here